UKTTK 2021

By in
217
UKTTK 2021

Pada momen kali ini ada yang berbeda dari sebelum-sebelumnya, Uji Kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian (UKTTK) 2021 dilaksanakan dengan Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 yang ketat. Mekanisme pelaksanaan UKTTK 2021 dibagi menjadi 4 sesi. Pelaksanaan pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021 terdiri dari 2 sesi, demikian pula 2 sesi pada hari Ahad, 10 Oktober 2021. Sedangkan setiap sesi menguji 40 – 42 peserta. Cara ini dilakukan demi physical distancing.

Selain menjaga jarak fisik yang dilakukan sejak peserta masuk gerbang kampus, juga dilakukan isolasi atau karantina sebelum tes dimulai. Tentu saja sesudah peserta mencuci tangan dan check suhu badan menggunakan termo stand dan termo gun yang hasilnya dicatat oleh petugas serta pemeriksaan dengan metal detector. Langkah kedua adalah memasuki ruang karantina sekaligus pemberian APD. Sesudah dari ruang karantina, untuk persiapan masuk ruang tes pun peserta sudah diatur sedemikian rupa sehingga terhindar dari jarak berdekatan kurang dari 1,5 meter. Di saat pergantian sesi pun ruang tes disterilkan dengan penyemprotan saniter. Pada saat hari pelaksanaan mereka tidak lagi canggung melakukan protokol pencegahan tersebut karena sudah melakukan briefing sehari sebelumnya dengan Ibu apt. Sri Rahayu, M.Farm (KPS D3 Farmasi sekaligus Ketua Panitia Ukom D3 Farmasi UMB) dan apt. Mustika Muthaharah, M.Farm (Koord. CBT UMB) yang dipantau langsung oleh Pengawas Pusat UKTTK.

Kegiatan UKTTK 2021 lokasi tes di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin diikuti 160 Ahli Madya Farmasi dari 3 Perguruan Tinggi di Kalimantan Selatan. Universitas Muhammadiyah Banjarmasin sendiri mengikutsertakan 84 mahasiswa, 63 mahasiswa dari STIKES ISFI Banjarmasin, dan 13 mahasiswa dari STIKES Darul Azhar Batulicin. Dimana ada 1 Dosen Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Bapak apt. Dedi Hartanto, M.Sc mendapatkan tugas sebagai Pengawas Pusat yang ditugaskan di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan 3 dosen lainnya (apt. Nita Triadisti, M.Far-ULM, apt. Raudatul Patimah, M.Farm-UMB, Hayatus Sa’adah, M.Farm-UMB) mendapatkan tugas  sebagai Pengawas Lokal.

Sungguh sangat membutuhkan persiapan matang pada setiap langkahnya. Semoga berbuah keberuntungan dan hasil yang manis bagi peserta nanti dan bagi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin khususnya Fakultas Farmasi dalam jangka panjang. Don’t give up panitia dan peserta UKTTK 2021, petualangan telah dimulai.(888AB-pen)

54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.