Tentang Fakultas

Tentang Fakultas

Fakultas Farmasi merupakan salah satu dari 6 (enam) fakultas yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin yaitu Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Psikologi (FP) dan Fakultas Teknik (FT)Saat ini Fakultas Farmasi memiliki 2 (dua) Program Studi yaitu D-3 Farmasi yang telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) dengan predikat B berdasarkan SK. LAM-PTKes Nomor 275/LAM-PTKes/Akr/Dip/XI/2020 dan Program Studi S-1 Farmasi terakreditasi berdasarkan SK. LAM-PTKes Nomor 265/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2019. Dalam waktu dekat Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) akan segera dibuka untuk menjawab minat dan permintaan masyarakat.

Program Studi D-3 Farmasi sudah menginjak angkatan ke 16 (Enam Belas) dimana sudah meluluskan Ahli Madya Farmasi (A.Md.Far) sebanyak 13 angkatan. Sedangkan Program Studi S-1 Farmasi baru memasuki angkatan ke 6. Fakultas Farmasi memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 793 mahasiswa terdiri dari 606 mahasiswa S-1 Farmasi dan 187 mahasiswa D-3 Farmasi. Mahasiswa Fakultas Farmasi akan semakin bertambah setelah dibukanya PSPA nanti.

Dekan Fakultas Farmasi
Apt. Risya Mulyani, M.SC

Dekan Fakultas Farmasi

Video Profil Fakultas Farmasi

Fasilitas yang ada Fakultas Farmasi UM Banjarmasin antara lain terdiri dari

  • Laboratorium
  • Ruang Instrument & Ruang Tutorial
  • Apotek
  • Perpustakaan
  • Klinik Pratama

12 ruang kelas, 11 laboratorium, 4 ruangan instrumen dan 6 ruang tutor. Proses pembelajaran meliputi ruang kuliah dilengkapi dengan kursi dan meja, AC, kipas angin, LCD, laptop, audio visual, whiteboard, dan fasilitas WIFI. Ruang laboratorium dilengkapi dengan meja trespa dan kursi yang terbuat dari besi dan fiber untuk praktikum, setiap ruang laboratorium memiliki perlengkapan yang berbeda-beda, antara lain : 4 ruangan instrumen yang berisi alat High Performance Liquid Chromatography (HPLC), Spektrofotometer UV-Vis,  Spektrofotometer Visible yang dilengkapi dengan komputer dan printer untuk pembacaan data dan hasil data. Fakultas Farmasi memiliki 2 buah Apotek untuk Pendidikan. Perpustakaan dapat diakses oleh mahasiswa di tingkat Universitas dengan koleksi buku, jurnal fisik maupun elektronik dan tugas akhir berupa KTI/LTA, Skripsi dan Tesis yang terkait dengan kefarmasian. Selain itu tersedia juga ruangan untuk kegiatan kemahasiswaan.

Mahasiswa mendapatkan fasilitas kesehatan yang didapatkan pada Klinik Pratama PKU UM Banjarmasin, terletak di Jl. S. Parman Banjarmasin yang memberikan kegiatan pelayanan kesehatan gratis kepada mahasiswa UM Banjarmasin. Selain itu Fakultas Farmasi bekerja sama dengan Fakultas Psikologi terkait dengan Bimbingan Psikologi (Konseling) dalam bentuk pelayanan konseling yang tersedia di tingkat universitas. Mahasiswa datang ke Pusat Layanan Psikologi (PLP) untuk mendapatkan bimbingan dan konseling terkait dengan masalah psikologis yang dapat mempengaruhi proses perkuliahan dan masalah non akademik lainnya.

Organisasi mahasiswa yang ada pada Fakultas Farmasi antara lain Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Fakultas Farmasi dan Himpunan Mahasiswa ‘Koschevnikovi’ S-1 Farmasi. Mahasiswa D-3 Farmasi memiliki peran aktif dalam Ikatan Mahasiswa Diploma Farmasi Indonesia (IKMADIFARI) dan HIMA S-1 Farmasi menjadi bagian dari Ikatan Senat Farmasi Indonesia (ISMAFARSI) di Regional Kalimantan.