PENGAMBILAN SUMPAH TTK D3 FARMASI TA 2021/2022

By in
697
PENGAMBILAN SUMPAH TTK D3 FARMASI TA 2021/2022

Program Studi D3 Farmasi melaksanakan Prosesi Pengambilan Sumpah Tenaga Teknis Kefarmasian Prodi DIII Farmasi Fakultas Farmasi universitas Muhammadiyah Banjarmasin Tahun Akademik 2021/2022. Kegiatan ini bertujuan agar alumni bisa menjadi Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK). Acara ini dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2022 bertepatan dengan 10 Rabiul Awal 1444 H. Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan, Sukamto SKM., M.Kes. Sekretaris PD PAFI Kalimantan Selatan, Drs. Yasin, SE., MM., Wakil Rektor I UM Banjarmasin, Ns. Hiryadi, M.Kep., Sp.Kom. Dekan Fakultas Farmasi, Wakil Dekan I dan II. Kaprodi D3 Farmasi, Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas Farmasi UM Banjarmasin.

Sambutan KPS D3 Farmasi sekaligus Ketua Pelaksana

Dalam sambutan, Kaprodi D3 Farmasi sekaligus Ketua Pelaksana menyampaikan ada 43 alumni yang dinyatakan kompeten dari hasil UKTTK 2021/2022 kemudian diambil sumpah TTKnya hari ini. TTK sebagai Nakes menjadi ujung tombak bagi pelayanan kesehatan. Oleh karena itu terus belajar dengan tekun serius untuk menghadapi perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dinamis.

Sambutan Dekan FF UM Banjarmasin

Dekan Fakultas Farmasi menyatakan ketika sambutan bahwa tenaga kesehatan adalah personal yang memiliki kompetensi dan memiliki wewenang dalam menjalankan profesinya. Salah satunya ditandai dengan Surat Tanda Registrasi Tenaga Kesehatan. Untuk TTK dengan STRTTK. Salah satu caranya adalah melalui uji kompetensi yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan kompeten dalam menjalankan tugasnya. Para Alumni yang sudah menjadi anggota Organisasi Profesi bisa patuh terhadap Peraturan Organisasi, Kode Etik, dan keselamatan pasien. TTK dari UM Banjarmasin memiliki distingsi yaitu menjalankan nilai-nilai profesionalisme dengan menjalankan Islam yang berkemajuan.

Sambutan WR I UM Banjarmasin

Sambutan selanjutnya dari Wakil Rektor I UM Banjarmasin, beliau menyampaikan setelah disumpah maka alumni sudah sah menjadi Tenaga Teknis Kefarmasian. Ada hal yang harus dikerjakan dan jadi kewajiban dari para TTK ini dalam mengabdi membangun kesehatan masyarakat  Indonesia. Selama berkuliah sudah banyak dapat bekal dari para dosen yang bisa digunakan sebagai modal untuk mengabdi. Namun jangan sampai lupa kewajiban untuk terus belajar (Long Live Learner) untuk menghadapi perkembangan iptek dan kesehatan yang dinamis.  Apa yang diucapkan tadi bukan hanya sebagai seremoni acara saja. Tapi Harus dijiwai apa yang sudah diucapkan diamalkan sepanjang hidup kita sebagai profesi kesehatan. Jangan lupa berdoa memohon kepada Allah SWT untuk diberi kemudahan dalam menjalankan praktek profesinya.

Simbolis Serah Terima Lulusan

Dalam kegiatan ini juga dilakukan serah terima alumni yang sudah disumpah menjadi TTK dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dan PAFI kepada Dinkesprov Kalimantan selatan sebagai bagian dari Tenaga Kesehatan yang ada di wilayah Kalimantan Selatan.

Sambutan Sekretaris PD PAFI Kalsel

Pada saat sambutan Sekretaris PD PAFI Kalimantan Selatan menginformasikan bahwa STRTTK akan diterbitkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi tahun ini. Tapi kedepannya akan diterbitkan oleh KTKI karena konsil sudah terbentuk. STR segera diurus karena masih di Dinkes Prov maka masih lebih cepat diproses. Segera juga masuk menjadi anggota PAFI sesuai dengan domisili masing masing.

Sambutan Sekretaris Dinkesprov. Kalsel

Sambutan ditutup oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan yang menyampaikan rasa terima kasih kepada UM Banjarmasin yang sudah memberikan bantuan dalam membangun kesehatan terutama di Provinsi Kalimantan Selatan dengan meluluskan dan menyerahkan alumni mereka sebaga tenaga kesehatan TTK. Beliau juga menyampaikan bahwa TTK memiliki peluang kerja terbuka lebar karena kebutuhan TTK saat ini masih sangat diperlukan. Tenaga kefarmasian diperlukan di desa-desa dalam usaha membangun kesehatan masyarakat Indonesia. Tenaga kefarmasian harus dipahami terkait dengan kewenangannya sehingga bekerja dengan profesional. (DH+888AB-pen)

Foto Bersama
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.